Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 4, No 1 (2025)

ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI JEPARA KULON 04

Saputra, Arya (Unknown)
Budiman, Muhammad Arief (Unknown)
Suyitno, Suyitno (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis kemampuan menulis menggunakan metode picture and picture. Latar belakang penelitian ini yaitu peserta didik pada tingkat SD masih mengalami kesulitan dalam menulis menggunakan Bahasa Inggris. Ini disebabkan oleh kurangnya kosakata mereka dalam Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitiaan ini adalah 1) untuk menganalisis kemampuan menulis anak dengan metode picture and picture pada pembelajaran Bahasa Inggris Unit 1 ( What are you doing? ) Kelas IV SD Negeri Jepara Kulon 04. 2) Untuk Menganalisis faktor pendukung dan penghambat kemampuan menulis anak dengan metode picture and picture picture pada pembelajaran Bahasa Inggris Unit 1 ( What are you doing? ) Kelas IV SD Negeri Jepara Kulon 04. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini bahwa proses kemampuan siswa dalam menulis Bahasa Inggris dengan menggunakan metode picture and picture berjalan dengan baik dimana siswa menunjukan antusias mereka dalam mengikuti pembelajaran. Hasil menulis dengan menggunakan metode picture and picture sangat baik karena memiliki rata-rata 84 yang termasuk dalam kriteria baik. Faktor pendukung dalam metode ini adalah kemauan dan motivasi siswa karena siswa cenderung lebih aktif terlibat dalam proses menulis. Sedangkan faktor penghambat dalam metode ini adalah pemilihan gambar yang relevan. Berdasarkan dari hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah mengeksplorasi penggunaan jenis gambar dan media visual untuk menentukan jenis gambar yang paling efektif untuk merangsang kreativitas dan ketrampilan menulis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...