KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 8 No 01 (2025): KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Lestari, Sri (Unknown)
Scorita, Kurnia Budhy (Unknown)
Herawaty, Heny (Unknown)
Mulyani, Ela (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini mahasiswa Universitas Islam As-Syafi’iyah yang menggunakan shopee. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Dalam melakukan proses data, penelitian ini menggunakan program SPSS. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai bahan pengumpulan data dengan jumlah sampel 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda,korelasi berganda,koefisien determinasi,uji t. berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) antar promosi (X1), kualitas pelayanan (X2) dan keputusan pembelian (Y) nilai R square sebesar 0,269 atau 26,9% sedangkan sisanya 73,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti produk,harga,dan lokasi. berdasarkan hasil uji t nilai t-hitung pada promosi 3,641>1985 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 sehingga hasil ini menunjukan promosi berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian. berdasarkan nilai t-hitung 3,435>1985 dengan nilai tingkat signifikansi 0,000<0,05 sehingga hasil ini menunjukan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Kinerja

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis is a peer reviewed journal that provides a forum for original publications relevant to economics, management and business, for researchers, lecturers, students and alumni both from the Faculty of Economics and Business, As-Syafiiyah Islamic University and from ...