Jurnal Pendidikan Jasmani Khatulistiwa
Vol 5, No 2: November 2024 Jurnal Pendidikan Jasmani Khatulistiwa

Pengaruh Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Samudra, Krisna Bayu (Unknown)
Hadi, Santika Rentika (Unknown)
Utomo, Gatot Margisal (Unknown)
Darisman, Eka Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan ice breaking terhadap tingkat ketertarikan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmanipada siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain studi kasus one-shot, dengan teknik random sampling yang melibatkan 30 siswa sebagai sampel. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ice breaking memberikan pengaruh positif terhadap ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran, di mana siswa merasa lebih tertarik dan antusias dalam mengikuti pelajaran. Berdasarkan hasil analisis kuesioner, diperoleh persentase minat belajar yang tinggi. Selain itu, uji hipotesis dengan one-sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan ice breaking berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPJK

Publisher

Subject

Education Health Professions Public Health Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI KHATULISTIWA (P-ISSN: 2774-9053; E-ISSN: 2774-9045) published by Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Tanjungpura. This journal is a biannual journal issued in Mei and November. It publishes articles of a high standard on various aspects of the physical ...