Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)
Vol 9, No 2 (2025): Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS)

Canva Sebagai Alat Pembuatan Konten di Yayasan Perguruan Letjen Haryono M.T

Marpaung, Sophya Hadini (Unknown)
Riche, Riche (Unknown)
Caroline, Caroline (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Teknologi informasi menjadi penting untuk mengatasi berbagai hal yang mungkin muncul ketika kegiatan belajar mengajar di antara guru dan para siswa di Yayasan Perguruan Letjen Haryono M.T. Kesulitan dalam menghasilkan materi pembelajaran yang mengesankan dan dapat dimaknai/dipahami dengan mudah oleh para siswa adalah salah satu masalah yang dihadapi para guru di sekolah ini. Untuk mampu mengakomodasi kebutuhan penyampaian materi yang tepat dan menarik diperlukan kreativitas dalam menghasilkan bahan tayang berupa materi presentasi, infografis dan berbagai bahan yang berkesan bagi para siswa, salah satu solusinya adalah dengan mendesain konten/bahan melalui Canva. Canva ialah aplikasi desain yang bekerja dengan teknik seret dan lepas serta dilengkapi dengan beragam fitur misalnya jenis tulisan yang bervariasi, stok image, berbagai macam garis, sticker, dan lain-lain. Pengabdian kepada Masyarakat kali ini melibatkan para guru Yayasan Perguruan Letjen Haryono M.T dengan target memberikan pengenalan dan simulasi yang jelas terkait penggunaan Canva pada proses pembuatan konten pembelajaran untuk siswa/i sekolah. Adapun luaran kegiatan ini adalah modul dan tutorial penggunaan Canva, laporan akhir serta publikasi jurnal PkM untuk menambah sumbangan publikasi ilmiah di dunia sistem informasi khususnya dalam bidang PkM. Kata kunci: pelatihan_guru; canva; sekolah; konten_pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAMAS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science

Description

Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS) dengan E-ISSN : 2685-6301 diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat ini terbit dua kali setiap tahun, yakni pada bulan April dan ...