Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 4, No 1 (2025)

Supervisi Berbasis Pendekatan Kolaboratif: Tinjauan Konseptual dan Empiris

Permatasari, Futika (Unknown)
Suhaimi, Imam (Unknown)
Agus Lestari, Nia (Unknown)
Ahammul Khikam, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Supervisi akademik menjadi aspek krusial untuk meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru. Berbagai macam tantangan perlu untuk segera ditindaklanjuti khususnya mengenai rendahnya efektivitas dan partisipasi lembaga pendidikan dalam melaksanakan supervisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan tentang kajian konseptual dan empiris tentang supervisi berbasis pendekatan kolaboratif, Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang merupakan studi untuk mengumpulkan informasi dan data melalui berbagai macam literatur seperti buku, catatan, jurnal dan lain-lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi kolaboratif berpotensi untuk menciptakan iklim belajar yang suportif, mampu memberdayakan, memfasilitasi dialog terbuka antara supervisor dan guru, dan mendorong akuntabilitas seluruh pihak yang terlibat. Supervisi kolaboratif menawarkan paradigma yang lebih efektif, berkelanjutan dan berdampak signifikan bagi praktik pengembangan profesionalisme guru dibandingkan pendekatan tradisional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

manapi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (MANAPI) with ISSN 2964-6863 is a forum for educators, academics, researchers and practitioners to share ideas regarding practical approaches in improving the quality of problems related to education management, education administration and Islamic education ...