Kemampuan perkembangan kognitif dan motorik halus anak pada kelompok B di TK Tunas Harapan Kombo masih kurang berkembang. Sehingga dibutuhkan suatu kegiatan yang menarik minat anak untuk merangsang perkembangan kognitif dan motorik halus sesuai kebutuhan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh kegiatan finger painting terhadap perkembangan kognitif dan motorik halus pada anak kelompok B. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen, metode kuantitatif, pendekatan one group pretest-posttest design menggunakan subjek 20 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan data dianalisis menggunakan paired sample test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ada perbedaan perkembangan kognitif dan motorik halus anak antara sebelum perlakuan kegiatan finger painting dengan setelah perlakuan kegiatan finger painting. Perkembangan kognitif dan motorik halus anak setelah kegiatan finger painting lebih tinggi daripada sebelumnya, ini dibuktikan dengan rata-rata hasil pre-test perkembangan kognitif 27,70 dan rata-rata hasil post-test perkembangan kognitif 50,20 untuk rata-rata hasil pre-test perkembangan motorik halus 26,70 dan rata-rata hasil post-test perkembangan motorik halus 60,65. Disimpulkan, ada pengaruh perlakuan kegiatan finger painting terhadap perkembangan kognitif dan motorik halus anak kelompok B di TK Tunas Harapan Kombo. Diharapkan hendaknya permasalahan tumbuh kembang kognitif dan motorik halus anak usia dini dapat diselesaikan dengan menerapkan kegiatan finger painting.
Copyrights © 2024