Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh dari penerapan kegiatan sains permulaan terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di TK PGRI 26 Tebaban pada tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain pretest post-test control group dengan perlakuan berupa kegiatan mewarnai sayuran sawi dan bunga pacar air serta menanam biji kacang hijau. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yaitu penelitian yang mengambil sampel dari keseluruhan populasi yang ada yaitu siswa kelompok B1 dan B2 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan teknik Shapiro-Wilk yang menghasilkan nilai sig > 0,05 dan uji homogenitas dengan teknik Levene’s Test yang menghasilkan nilai sig < 0,05. Hasil analis data menunjukkan data berdistribusi normal dan tidak homogen. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas diterapkanlah uji statistik dengan teknik uji t two-sample assuming unequal variances. Uji statistik menghasilkan nilai thitung sebesar 5,37 dan ttabel sebesar 2,08 serta nilai p-value pada penelitian ini adalah 0,000029 dengan nilai α sebesar 0,05. Pengujian statistik menunjukkan thitung > ttabel dan p-value < α sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti kegiatan sains permulaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di TK PGRI 26 Tebaban Tahun Ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024