Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian perkembangan kognitif anak kelompok B di Gugus III RA Kecamatan Narmada. Jenis penelitian yang digunakan melalui pendekatan Deskriptif Kuantitatif dengan metode Survei. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang anak terdiri dari 8 sekolah yang dipilih menggunakan pendekatan stratified proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini memperoleh bahwa perkembangan kognitif pada aspek Belajar dan Pemecahan Masalah memiliki hasil 61.50% , untuk indikator Berpikir Logis memiliki hasil 60.25% dan indikator Berpikir simbolik memiliki hasil 58.50% .Pengujian persentase rata-rata pada penelitian ini menggunakan rumus P= F/N 100%. Maka ditarik kesimpulan bahwa dari aspek ketiga yang telah diteliti ini termasuk dalam kategori Mulai Berkembang yang berarti guru di sekolah secara belum optimal dalam mencapai pencapaian perkembangan kognitif anak di kelompok B.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025