Penelitian berikut bertujuan guna mengintegrasikan proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam serta Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN Cukir 1 Jombang dengan paradigma pembelajaran Sains, Teknologi, Teknik, Seni, serta Matematika (STEAM). Selain itu, proyek berikut berupaya guna menumbuhkan kreativitas siswa kelas lima dalam ilmu pengetahuan sosial serta alam. Pre-eksperimental ialah metodologi yang dipakai dalam penelitian berikut. Tes (pre-test serta post-test) ialah satu diantara metode yang dipakai guna mengumpulkan data. Guna melengkapi prosedur pengumpulan data penelitian, teknik dokumentasi serta observasi juga dipakai. 35 siswa kelas lima dari SDN Cukir 1 menjadi subjek penelitian; ada 20 siswa perempuan serta 15 siswa laki-laki. Hasil penelitian memperlihatkan seberapa baik STEAM menumbuhkan kreativitas siswa. Hasil pra-tes serta pasca-tes berbeda secara signifikan, dengan peringkat positif dari peringkat rata-rata serta total peringkat masing-masing meningkat sebesar 10,50 serta 210. Ha diterima serta Ho ditolak berlandaskan uji Wilcoxon memakai SPSS 20.00, yang memperlihatkan bahwasannya penerapan model pembelajaran STEAM di SDN Cukir 1 Diwek Jombang secara signifikan memengaruhi perkembangan kreativitas ilmiah siswa.
Copyrights © 2025