Education Curiosity
Vol 3 No 3 (2025): April-Juli 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Cukir 1 Jombang

Nurfaizah, Diah (Unknown)
Rochmania, Desty Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Cukir 1 Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental, menggunakan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas V SDN Cukir 1 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah penerapan metode Role Playing. Nilai rata-rata pre-test sebesar 53,43 meningkat menjadi 79,00 pada post-test. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Selain meningkatkan pemahaman akademik, metode Role Playing juga membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan komunikasi dan interaksi sosial. Siswa lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan lebih mampu bekerja sama dalam kelompok. Dengan demikian, metode Role Playing tidak hanya meningkatkan nilai akademik tetapi juga keterampilan non-akademik yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...