Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Bunda Nelly. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan tes. Hasil analis data menunjukkan bahwa, minat belajar (X), berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika (Y) yang ditunjukkan dengn nilai koefisien korelasii korelasi sebesar 0,5478. Sedangkan untuk uji signifikasi korelasi diperoleh bahwa ?hitung yang diperoleh adalah lebih besar dari ?????? (3,588 0,05) pada taraf signifikasi 5 %. Hasil analisis determinasi menunjukkan bahwa variabel minat belajar siswa (X) berpengaruh sebesar 30,01% terhadap variabel prestasi belajar siswa (Y), sedangkan selebihnya yaitu 69,99% adalah dipengaruhi oleh faktor internal atau faktor eksternal yang tidak diteliti pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa pengaruh minat belajar matematika siswa kelas V SD Swasta Bunda Nelly mempengaruhi prestasi belajar matematika.
Copyrights © 2025