Dalam kegiatan belajar kelas B TK Pertiwi Braja Asri menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran di kelas masih belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran sehingga sebagian besar anak terlihat kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran karena merasa bosan dengan kegiatan yang dilakukan. Hal inilah yang menjadi penyebab masih rendahnya tingkat kreativitas anak kelas B (usia 5-6 tahun) di TK Pertiwi Braja Asri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penggunaan media losse parts dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Pertiwi Braja Asri Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini akan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam rangka melakukan perbaikan pembelajaran di kelas agar kemampuan atau keterampilan yang diharapkan dapat meningkat lebih optimal. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 pada anak kelompok B di TK Pertiwi Braja Asri dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui penggunaan media loose parts. Peningkatan kreativitas tersebut ditunjukkan dengan hasil pencapaian persentase yang masuk dalam kriteria kreativitas tinggi mencapai 71% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 91% pada siklus 2.
Copyrights © 2025