Arus Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 1: April (2025)

Pengaruh Penggunaan Media Digital Berbasis Quizizz terhadap Peningkatan Keterlibatan Siswa Sekolah Dasar

Handina, Windi Putri (Unknown)
Kasmawati (Unknown)
Parisu , Chairan Zibar L (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media digital berbasis Quizizz terhadap peningkatan partisipasi aktif siswa sekolah dasar. Quizizz, sebagai platform pembelajaran interaktif, memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan melalui kuis berbasis permainan yang memotivasi siswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kualitatif , melibatkan 20 siswa kelas VI sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket untuk mengukur tingkat partisipasi aktif siswa sebelum dan sesudah penggunaan Quizizz dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada partisipasi aktif siswa setelah diterapkannya Quizizz sebagai media pembelajaran. Siswa terlihat lebih antusias, fokus, dan terlibat dalam diskusi kelas. Dengan demikian, media digital berbasis Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa sekolah dasar, yang pada akhirnya berkontribusi positif terhadap hasil belajar mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajup

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Arus Jurnal Pendidikan atau di singkat dengan (Ajup) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian, kajian literatur, review buku pada bidang pendidikan secara umum, pendidikan yang berkaitan dengan masalah pendidikan baik siswa, guru, sekolah. selain itu, media, metode, ...