Jurnal Muria Research Guidance and Counseling (MRGC)
Vol 4, No 1 (2025): JURNAL MURIA RESEARCH GUIDANCE AND COUNSELING APRIL 2025

EFEKTIVITAS PROGRAM PENGHARGAAN DISIPLIN POSITIF BAGI SISWA TUNARUNGU: PERSPEKTIF KUALITATIF

Fauzan, Iqbal Muhammad (Unknown)
Supriatna, Mamat (Unknown)
Nadhirah, Nadia Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program disiplin positif di SLB Negeri Cicendo, dengan fokus pada bagaimana penghargaan diberikan dan bagaimana siswa tuna rungu menanggapinya. Kebaruan penelitian ini terletak pada eksplorasinya tentang bagaimana pengakuan publik, baik melalui pengakuan langsung di sekolah maupun unggahan media sosial, memengaruhi motivasi dan kepercayaan diri siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi dokumen dan analisis visual, temuan penelitian mengungkapkan bahwa disiplin positif mendorong siswa untuk mempertahankan perilaku yang baik, menumbuhkan hubungan emosional, dan memperkuat hubungan guru-siswa. Namun, tantangan tetap ada dalam memastikan bahwa penghargaan didistribusikan secara adil dan mengevaluasi efektivitas program. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun program tersebut meningkatkan motivasi dan kesejahteraan emosional siswa, perbaikan diperlukan untuk membuat sistem penghargaan lebih inklusif dan diterapkan secara konsisten.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mrgc

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal ini merupakan media komunikasi, desiminasi dan publikasi karya ilmiah hasil penelitian dan gagasan ilimiah di bidang pendidikan dan bimbingan dan konseling yang bertujuan untuk memperkaya wawasan, ilmu pengetahuan, teori dan praksis Bimbingan dan Konseling. Oleh karena itu kami mewadahi ...