Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gangguan berbahasa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas XI tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi. Penyajian hasil analisis dilakukan secara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gangguan berbahasa dapat berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia terutama pada kelas XI.7 SMA N 3 Pati tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil pembahasan digambarkan bentuk-bentuk gangguan berbahasa yang dialami oleh peserta didik yang dapat mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas XI.7 SMA N 3 Pati dan faktor yang dapat mempengaruhi gangguan berbahasa bagi peserta didik kelas XI.7 di SMA N 3 Pati. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan kuesioner diketahui terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dan memiliki gangguan dalam berbahasa, serta terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan ataupun gangguan keterampilan berbahasa. Terutama pada gangguan berbicara, menyimak/mendengarkan, dan berbicara. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi gangguan berbahasa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas XI SMA N 3 Pati yaitu faktor kebiasaan, psikologis, dan faktor lingkungan. Kata kunci: Gangguan berbahasa, hasil belajar.
Copyrights © 2025