Cendikia Pendidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR

Rahmawati, Alfi (Unknown)
Bakhtiar, Afakhrul Masub (Unknown)
Alfiansyah, Iqnatia (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menggunakan Media Scrapbook Untuk Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar kelas IV di UPT SD Negeri 76 Gresik tahun ajaran 2024 / 2025. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pada tahap development melibatkan 2 validator yaitu validator media dan validator materi. Hasil validasi ahli media menunjukkan angka persentase 93,74% dan dikategorikan sangat valid. Hasil validasi ahli materi menunjukkan angka persentase 95,83%, dan dikategorikan sangat valid. Kemudian hasil dari angket respon peserta didik mendapatkan presentase nilai rata-rata sebesar 100% dan termasuk kedalam kategori sangat baik, hal ini menunjukkan respon positif dari peserta didik terhadap media scrapbook.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Scrapbook Untuk Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar telah teruji kevalidannya sehingga dapat digunakan dengan baik dan juga hasil responnya telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Kata kunci : Scrapbook, Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia. Abstract This research aims to increase students' interest in learning by using Scrapbook Media for Writing Skills for Grade IV Elementary School Students at UPT SD Negeri 76 Gresik for the 2024/2025 academic year. This research is development research, using the ADDIE research model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The development stage involves 2 validators, namely the media validator and the material validator. The media expert validation results show a percentage figure of 93.74% and is categorized as very valid. The material expert validation results show a percentage figure of 95.83%, and is categorized as very valid. Then the results of the student response questionnaire obtained an average percentage score of 100% and were included in the very good category, this shows a positive response from students towards scrapbook media.Based on the research results, it can be concluded that the development of Scrapbook Media for Primary School Students' Writing Skills has been tested for validity so that it can be used well and also the response results have met the criteria for learning completeness. Keywords: Scrapbook, Writing Skills, Indonesian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...