Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengeksplorasi sejauh mana penerapan strategi Make A Match mampu meningkatkan prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran IPS, khususnya pada topik “Kondisi Geografis Memengaruhi Keragaman Budaya” di kelas VIIA SMP Negeri 2 Sajingan Besar, Kabupaten Sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen, yaitu one group pretest-posttest. Seluruh siswa kelas VIIA dijadikan sebagai sampel penelitian. Uji normalitas data dilakukan dengan metode Shapiro-Wilk, sementara analisis statistik menggunakan uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Make A Match memberikan dampak positif terhadap peningkatan nilai belajar siswa. Hal ini terlihat dari kenaikan nilai rata-rata pretest yang awalnya 54,53 menjadi 69,43 pada posttest. Analisis statistik juga menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga Hipotesis 1 (H1) dinyatakan valid. Dengan kata lain, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan strategi Make A Match. Untuk mengukur besarnya pengaruh, dilakukan analisis effect size menggunakan Cohen’s d, yang membuktikan bahwa metode ini memiliki dampak yang sangat besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025