Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan situasional dan komunikasi terhadap kinerja guru di SD IT Al-Madinah Karawang dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif kuantitatif, karena bertujuan untuk menguji hipotesis mengenai hubungan antara variabel-variabel yang diteliti, serta analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan SPSS versi 25. Sampel dan populasi berjumlah 40 responden yang diambil menggunakan teknik sampel jenuh (non-probability sampling). Hasil penelitian dapat disimpulkan secara parsial, gaya kepemimpinan situasional berpengaruh tingkat signifikan 0,000 < 0,05 terhadap kinerja guru, dengan nilai t-hitung 7,486 > 2,026 t-tabel. Sedangkan, gaya kepemimpinan situasional dan komunikasi berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai F-hitung 42,888 > 3,25 F-tabel serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi 0,887 atau 11,3% dipengaruhi oleh variabel gaya kepemimpinan situasioanl dan komunikasi terhadap . Hal ini mengindikasikan bahwa kedua variabel tersebut memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja guru.
Copyrights © 2025