Latar Belakang : Angka stunting di Indonesia maupun di Gorontalo masih tinggi, salah satu penyebabnya adalah pemahaman orang tua tentang pentingnya gizi seimbang masih belum baik. Padahal Pengetahuan ibu tersebut sangat penting untuk menentukan pola pemberian nutrisi pada anak. Ketrampilan ibu dalam menyiapkan makanan bergizi pada anak juga penting untuk pertumbuhan anak. Ibu juga belum mengetahui cara memberikan makan yang baik pada anak. Upaya meningkatkan pengetahuan Ibu ini dapat dilakukan melalui Intervensi supportive educative berbasis Family-Centered Care. Intervensi SE-FCC merupakan suatu metode edukasi kesehatan yang menggabungkan metode supporting, guiding, teaching, serta providing environtment yang akan berkontribusi penting dalam meningkatkan kemampuan keluarga dalam perawatan diri anak dan menjaga pertumbuhan anak tetap optimal.Tujuan: Untuk mengetahui seberapa efektif Intervensi supportive educative berbasis Family-Centered Care (SE-FCC) terhadap pengetahuan dan ketrampilan Ibu dalam pencegahan stunting pada Anak 2-5 Tahun.Metode: Jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian pre-post test with control group. Jumlah responden 60 terbagi, 30 orang kelompok kontrol dan 30 orang kelompok intervensi. Tehnik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Melakukan analisis data univariat dan bivariate. sebelumnya dilakukukan uji normalitas data. Uji normalitas yang dipilih menggunakan Kolmogorov smirnov karena jumlah sampel lebih dari 50.Hasil: Hasil Uji menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah diberikan penerapan SE-FCC dengan P-value 0,00. Hasil uji beda Wilcoxon menunjukkan adanya Efektifitas penerapan intervensi SE-FCC terhadap pengetahuan responden dengan hasil p-value 0, 00. Hasil uji dependent paired t-test menunjukkan adanya efektifitas intervensi SE-FCC terhadap keterampilan responden dengan p-value 0, 00. Kesimpulan: Penelitian menunjukkan terdapat efektifitas intervensi SE-FCC terhadap pengetahuan Ketrampilan responden.
Copyrights © 2025