Al-Kalim: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Vol. 3 No. 2: OKTOBER 2024

PENGARUH METODE IMLA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB ( MAHARAH KITABAH ) SISWA KELAS VII MTs MASYARIQUL ANWAR CARINGIN

Nabilah, Rahma (Unknown)
Ussyafiqoh, Fitria Nisa (Unknown)
Hisbiatul Jannah, Kholisah (Unknown)
Indriana, Dina (Unknown)
Hidayat, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Pentingnya kemampuan menulis bahasa arab dalam kehidupan sosial menjadi dasar dalam penelitian. Metode imla menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan tesebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan metode imla' mempengaruhi kemampuan siswa kelas tujuh di MTs Masyariqul Anwar dalam menulis (maharah kitabah). Metode yang digunakan adalah metodologi kuantitatif dengan sampel berjumlah dua puluh siswa dalam penelitian ini. Tes, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil temuan menunjukkan adanya hubungan yang baik antara kemampuan menulis siswa dan pendekatan imla' dengan koefisien korelasi sebesar 0,72. Hal ini menunjukkan bahwa, penggunaan pendekatan ini menyumbang 72% dari peningkatan kemampuan menulis. Skor rata-rata total kemampuan menulis siswa adalah 77,3, yang dianggap tinggi, sementara skor rata-rata imla' mereka adalah 75. Studi ini menunjukkan nilai metode imla' sebagai strategi yang berhasil untuk meningkatkan kemahiran siswa tingkat madrasah dalam menulis bahasa Arab

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Alkalim

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AlKalim Journal is a periodical scientific journal published two times a year in April and October by Daarul Qimmah Gorontalo. This Jurnal contains scientific articles, research, and research of community society. The aim is to provide readers with a better understanding of Arabic language education ...