Al-Kalim: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Vol. 4 No. 1: APRIL 2025

Penerapan Metode Reading Guide Dalam Meningkatkan Kemampuan Mahārah al-Qira`ah Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 1 Kota Gorontalo

Yuliana (Unknown)
Ratni Bt. Hj (Unknown)
Muhammad Zainul Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca (Mahārah al-Qirā'ah) siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo melalui metode Reading Guide. Desain yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga tahap: pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan: nilai rata-rata pretest 51,83 (0% ketuntasan), siklus I menjadi 73,70 (63,3% ketuntasan), dan siklus II mencapai 85,37 (100% ketuntasan). Metode Reading Guide terbukti efektif meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab serta menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Alkalim

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AlKalim Journal is a periodical scientific journal published two times a year in April and October by Daarul Qimmah Gorontalo. This Jurnal contains scientific articles, research, and research of community society. The aim is to provide readers with a better understanding of Arabic language education ...