Al-Qur’an merupakan sumber rujukan utama bagi umat Islam dalam berbagai persoalan, dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Dari urusan pribadi hingga kenegaraan, dari urusan ibadah hingga urusan muamalah. Tidak dapat dipungkiri bahwa Al-Qur’an merupakan rujukan yang menjadi panutan bagi umat Islam sedunia. Termasuk dalam persoalan peningkatan mutu pendidikan Islam dari perspektif Al-Qur’an, kajian ini mengkaji bagaimana Al-Qur’an menonjolkan mutu pendidikan Islam, ayat-ayat yang mewakili dipetakan berdasarkan surat dan kesesuaian tema, dielaborasi lebih lanjut yang benar-benar mewakili pembahasan, dieksplorasi menggunakan tafsir yang dilakukan oleh para mufassirin, yang memiliki wawasan dan hak prerogatif dalam menjelaskan makna dan maksud yang terkandung dalam Al-Qur’an. Kemudian dianalisa dengan kondisi kekinian yang dapat diaplikasikan di lembaga pendidikan Islam. Analisis menggunakan teori-teori tentang mutu pendidikan Islam yang diambil dari berbagai literatur, karya ilmiah dan jurnal yang memenuhi pembahasan atau judul-judul yang bersinggungan dengan tema yang dibahas oleh penulis. Dengan demikian, terlihat jelas betapa Al-Qur'an memberikan solusi terhadap segala aktivitas yang dilakukan manusia, menjadikannya sebagai landasan utama dan semakin mengukuhkan Al-Qur'an sebagai barometer yang tidak terbantahkan dalam setiap konsep dan ideologi yang mesti dijadikan landasan bagi segala macam permasalahan yang dihadapi umat manusia.
Copyrights © 2025