Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara lebih mendalam pengaruh Wonderia Show terhadap pemahaman siswa kelas IV SDN Wonolopo 02 terhadap materi tradisi dan budaya masyarakat yang terdapat dalam mata pelajaran IPAS. Fokus utama dari kajian ini adalah sejauh mana kegiatan Wonderia Show dapat membantu siswa memahami dan mengapresiasi keberagaman budaya lokal yang ada di sekitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan Wonderia Show terhadap pemahaman materi tradisi dan budaya masyarakat di sekitar pada siswa kelas IV SDN Wonolopo 02. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Wonderia Show terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Wonolopo 02 terhadap materi tradisi dan budaya masyarakat dalam mata pelajaran IPAS. Hasil angket menunjukkan bahwa 100% siswa merasa senang, lebih tertarik belajar budaya, dan mampu memahami serta menghargai tradisi lokal setelah mengikuti Wonderia Show.
Copyrights © 2025