Jurnal Pendidikan Terapan
Vol 3, No 2 May (2025)

Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Akuntansi: Studi Kasus di SMKN 3 Pinrang

Sri Utami (Unknown)
Utami, Dwi (Unknown)
Akib, Ambarwati (Unknown)
Chalisa Majiding, Nurul (Unknown)
Adriansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran akuntansi di SMKN 3 Pinrang, dengan fokus pada efektivitas, relevansi, tantangan, dan dampaknya terhadap karakter dan motivasi belajar siswa. Kurikulum Merdeka diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi dan kreativitas siswa, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tuntutan dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam kepada guru akuntansi untuk memahami persepsi dan tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memungkinkan guru untuk mengajar secara fleksibel, namun menghadapi tantangan dalam hal sumber daya dan pemahaman konsep kurikulum yang baru. Selain itu, kolaborasi antar guru dalam merancang materi dan penilaian dinilai penting untuk menghindari tumpang tindih dan memaksimalkan pemahaman siswa. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan mengenai peningkatan kualitas pendidikan akuntansi di SMK melalui implementasi Kurikulum Merdeka yang adaptif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JUPITER

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Terapan (JUPITER) is an open scientific forum for educational researchers,scholars and practitioners. This open access journal publishes articles related to the research results in the field of education. The journal seeks to digest innovations, issues and trends in educational ...