Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran akuntansi di SMKN 3 Pinrang, dengan fokus pada efektivitas, relevansi, tantangan, dan dampaknya terhadap karakter dan motivasi belajar siswa. Kurikulum Merdeka diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi dan kreativitas siswa, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tuntutan dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam kepada guru akuntansi untuk memahami persepsi dan tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memungkinkan guru untuk mengajar secara fleksibel, namun menghadapi tantangan dalam hal sumber daya dan pemahaman konsep kurikulum yang baru. Selain itu, kolaborasi antar guru dalam merancang materi dan penilaian dinilai penting untuk menghindari tumpang tindih dan memaksimalkan pemahaman siswa. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan mengenai peningkatan kualitas pendidikan akuntansi di SMK melalui implementasi Kurikulum Merdeka yang adaptif.
Copyrights © 2025