JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Index Card Match (ICM) Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SDN 02 Koto Tangah Kabupaten Agam

Meisya Putri, Nadya (Unknown)
Hamimah, Hamimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran IPAS yang belum maksimal seperti dari tahap perencanaan, proses pelaksanaan dan hasil belajar di kelas IV SDN 02 Koto Tangah Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Index Card Match (ICM) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 02 Koto Tangah Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II juga terdiri dari 1 pertemuan. Pada setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 11 orang peserta didik laki-laki dan 14 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian modul ajar siklus I memperoleh persentase 83,3%, meningkat pada siklus II menjadi 95,8%. Pada aspek guru siklus I memperoleh persentase 85,6%, meningkat pada siklus II menjadi 96,4%. Pada aspek peserta didik siklus I memperoleh persentase 82,1%, meningkat pada siklus II menjadi 92,8%. Penilaian hasil pengetahuan siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata 80,1, meningkat pada siklus II menjadi 93. Penilaian hasil keterampilan siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata 80,1 meningkat pada siklus II menjadi 91,2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan metode Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...