JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipas Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SD Negeri 30 Lubuk Lintah Kota Padang

Ariyani, Dwi (Unknown)
Hamimah, Hamimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik akibat kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan mereka secara langsung, karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS melalui model Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas IV SD Negeri 30 Lubuk Lintah Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas sebagai pengamat, peneliti sebagai praktisi, serta 16 peserta didik kelas IV yang terdiri atas 8 laki-laki dan 8 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap aspek yang diamati. Modul ajar mengalami peningkatan dari 83,33% (kategori Baik) pada siklus I menjadi 95,83% (Sangat Baik) pada siklus II. Aktivitas guru dan peserta didik juga meningkat dari 82,5% menjadi 90% (Sangat Baik). Penilaian sikap menunjukkan perubahan positif dari 7 peserta didik yang menonjol (4 positif, 3 negatif) pada siklus I menjadi 4 yang menonjol dengan sikap positif pada siklus II. Penilaian pengetahuan dan keterampilan meningkat dari rata-rata 75,93 (C) pada siklus I menjadi 88,43 (B) pada siklus II. Dengan demikian, model TPS efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...