JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Menuju Energi Terbarukan: Peluang dan Tantangan

Hajar, Nurfahmi (Unknown)
Ahmadin, Ahmadin (Unknown)
Bakhtiar, Bakhtiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Energi terbarukan merupakan pilar utama dalam mendukung agenda pembangunan berkelanjutan dan penanggulangan perubahan iklim. Indonesia, dengan kekayaan sumber daya alamnya, memiliki potensi besar untuk mengembangkan energi terbarukan, namun masih menghadapi tantangan dalam hal kebijakan, investasi, dan infrastruktur. Energi terbarukan merupakan fondasi utama dalam upaya mencapai pembangunan berkelanjutan dan mitigasi perubahan iklim. Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan energi bersih, namun implementasinya masih dihadapkan pada tantangan kebijakan, teknologi, dan sosial-ekonomi. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan energi terbarukan di Indonesia melalui pendekatan studi perbandingan dengan Norwegia sebagai negara yang telah berhasil dalam transisi energi. Artikel ini juga mengkaji dinamika transisi energi Indonesia dengan fokus pada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai contoh nyata penerapan energi terbarukan secara masif dan terintegrasi. Dengan metode deskriptif kualitatif berbasis studi literatur, kebijakan, dan perkembangan proyek aktual, artikel ini menawarkan analisis kritis terhadap peluang dan hambatan transisi energi di IKN serta merekomendasikan strategi percepatan yang kontekstual. Hasil menunjukkan bahwa Indonesia memerlukan strategi integratif berbasis penguatan kebijakan, pemanfaatan teknologi digital, serta peningkatan kesadaran dan keterlibatan masyarakat. Studi ini juga menyoroti pentingnya energi terbarukan dalam mendukung era Society 5.0 di mana kebutuhan energi berkelanjutan semakin krusial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...