JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Identitas Transgender dalam Perspektif Gender

Firdaus, Muhammad Aryan (Unknown)
Ruhushandy, Ichwan Erlangga (Unknown)
Suhaeb, Firdaus W. (Unknown)
Idrus, Idham Irwansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Identitas transgender dalam spektrum gender merupakan topik yang kompleks di Indonesia, di mana pemahaman dan penerimaannya masih terhambat oleh faktor agama, sosial budaya, dan hukum. Mayoritas masyarakat memandang LGBT, termasuk transgender, sebagai penyimpangan dari norma agama dan nilai tradisional yang mengutamakan keluarga heteroseksual. Ketidakadaan regulasi hukum yang jelas turut memperburuk situasi, menyebabkan stigmatisasi, diskriminasi, dan kesulitan akses terhadap hak dasar seperti kesehatan dan pendidikan bagi individu transgender. Dampak sosial yang muncul meliputi peningkatan risiko penyakit menular, putus sekolah, serta kekerasan berbasis gender. Meskipun ada tuntutan untuk pembuatan regulasi khusus dan program pembinaan, pemerintah belum mengambil langkah tegas. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan inklusif melalui edukasi dan kolaborasi multisektor untuk menciptakan lingkungan yang lebih adil dan menghormati hak asasi manusia bagi komunitas transgender.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...