JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa SMK batik 1 Surakarta melalui Pembelajaran Berbasis Game dengan Menggunakan Bamboozzle

Praditya, Dita Ayu (Unknown)
B, Magdalena Roganda S. (Unknown)
Lestari, Mugi (Unknown)
Sari, Dhany Efita (Unknown)
Ristiyani, Indrastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI AKL 1 SMK Batik 1 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran berbasis game dengan menggunakan media Bamboozle. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan, rata-rata keaktifan belajar siswa hanya sebesar 51,63%. Setelah penerapan model pembelajaran berbasis game dengan bantuan Bamboozle pada siklus I, keaktifan siswa meningkat menjadi 70,62%. Setelah dilakukan evaluasi dan perbaikan, pada siklus II keaktifan siswa meningkat kembali menjadi 78,99% dan telah memenuhi target minimal 75%. Kesimpulannya, pembelajaran berbasis game dengan media Bamboozle efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...