JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Kata-Kata Dasar Siswa Kelas I-A SD N 060886 Medan Baru Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Media Kartu Bergambar

Sirait, Dinda Sari (Unknown)
Tamba, Losten (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas 1A SDN 060886 Medan Baru untuk mengatasi rendahnya kemampuan membaca kata dasar siswa yang teridentifikasi pada asesmen pra siklus. Penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan media kartu bergambar dilakukan melalui dua siklus, dengan perbaikan strategi pada Siklus II berdasarkan refleksi Siklus I. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dimana pada Siklus II seluruh siswa mencapai ketuntasan minimal dalam membaca kata dasar, rata-rata nilai kelas meningkat dari 71,48 menjadi 83,33, serta terjadi peningkatan keaktifan dan fokus siswa selama pembelajaran. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model Make a Match yang diterapkan dengan strategi pengelolaan kelas dan pendekatan yang tepat terbukti efektif meningkatkan kemampuan membaca kata dasar, partisipasi aktif, dan fokus belajar siswa kelas rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...