JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sumber Energi dan Kegunaannya di Kelas III SD Negeri 060886 Medan Baru

Aflah, Nurul (Unknown)
Tamba, Losten (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 060886 pada materi sumber energi dan kegunaannya melalui penerapan model pembelajaran Index Card Match untuk mendorong siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III, dengan data yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa mencapai kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi kategori baik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Index Card Match terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber energi dan kegunaannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...