Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 060886 pada materi sumber energi dan kegunaannya melalui penerapan model pembelajaran Index Card Match untuk mendorong siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III, dengan data yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa mencapai kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi kategori baik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Index Card Match terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber energi dan kegunaannya.
Copyrights © 2025