Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi struktur karya ilmiah melalui modifikasi LKPD berbasis permainan edukatif “Cari Kata”. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya minat dan partisipasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Jember akibat pembelajaran konvensional yang monoton. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif terhadap 35 siswa kelas XI 3. Inovasi diterapkan selama dua pertemuan dengan menyisipkan permainan “Cari Kata” dalam LKPD, yang memuat istilah-istilah penting dalam karya ilmiah. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, wawancara informal, dan angket. Hasil menunjukkan bahwa 94,7% siswa merasa lebih semangat belajar, 84,2% memahami materi lebih baik, dan 89,5% merasa terbantu dalam mengingat konsep. Penggunaan LKPD ini juga meningkatkan keterlibatan aktif siswa dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Inovasi ini sejalan dengan Kurikulum Merdeka dan pembelajaran abad ke-21, serta layak untuk diterapkan secara lebih luas.
Copyrights © 2025