Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa SMP kelas IX Kota Padang dalam materi sistem reproduksi dan perkembangbiakkan makhluk hidup. Penelitian kemampuan literasi sains siswa ini dilihat dari dua aspek literasi sains PISA yaitu aspek pengetahuan (konten, prosedural, epistemik), dan aspek kompetensi (menjabarkan fenomena ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, menafsirkan data serta bukti ilmiah). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif pada dau teknik yaitu, teknik cluster sampling untuk menentukan sekolah sesuai wilayah, teknik purposive sampling untuk menentukan kelas sesua pertimbangan sekolah. Instrumen berupa 30 soal dengan berdasarakan framework PISA 2018 dengan dua aspek yang peneliti gunakan. Hasil penelitian ini memperoleh rata-rata kemampuan literasi sain siswa sebesar 66%, tergolong kategori rendah. Rendahnya capaian ini diduga dipengaruhi oleh, kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran materi ini metode pembelajaran yang dipakai, ketersediaan sarana dan prasarana, dan perbedaan kemampuan siswa berdasarkan gender. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran yang sesuai dibutuhkan untuk membuat meningkat literasi sains siswa.
Copyrights © 2025