JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penelitian Studi Kasus Kualitatif

Elva, Hengki Yulhafiz (Unknown)
Murhayati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Artikel ini membahas metode penelitian studi kasus dalam pendekatan kualitatif sebagai respons terhadap keterbatasan paradigma positivistik yang selama ini mendominasi ilmu pengetahuan. Permasalahan yang diangkat adalah perlunya pemahaman mendalam terhadap realitas sosial yang kompleks dan tidak dapat dijelaskan secara kuantitatif semata. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan karakteristik, langkah-langkah, dan kelebihan pendekatan studi kasus dalam penelitian kualitatif, khususnya dalam konteks ilmu sosial dan pendidikan.Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka (library research) dengan mengkaji berbagai sumber literatur yang relevan, seperti buku referensi, jurnal ilmiah, dan pandangan para ahli. Data dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan tematik melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil kajian menunjukkan bahwa studi kasus merupakan metode yang efektif untuk menggali secara mendalam suatu fenomena atau kasus tertentu dalam konteks alami. Studi kasus memungkinkan pemahaman holistik terhadap latar belakang, proses, dan dinamika suatu peristiwa sosial atau individual.Kesimpulan dari artikel ini menegaskan bahwa pendekatan studi kasus dalam penelitian kualitatif sangat penting untuk memahami fenomena secara menyeluruh dan mendalam. Metode ini cocok digunakan dalam berbagai bidang keilmuan yang membutuhkan eksplorasi terhadap realitas sosial yang kompleks.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...