JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penelitian Fenomenologis

Aflah, Fadli Ramadhanul (Unknown)
Murhayati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Penelitian fenomenologis merupakan pendekatan kualitatif yang bertujuan memahami makna terdalam dari pengalaman hidup individu terhadap suatu fenomena tertentu. Berakar dari filsafat Edmund Husserl dan dikembangkan lebih lanjut oleh tokoh-tokoh seperti Heidegger dan Merleau-Ponty, pendekatan ini mengutamakan subjektivitas dan kesadaran sebagai sumber utama pemahaman realitas. Melalui proses epoche dan bracketing, peneliti berusaha menanggalkan prasangka untuk mendalami pengalaman partisipan secara otentik. Dalam dunia pendidikan, fenomenologi membuka jalan untuk mengkaji dinamika belajar, mengajar, dan kebijakan dari sudut pandang subjek yang mengalaminya. Desain penelitian fenomenologis mencakup wawancara mendalam, analisis unit makna, hingga deskripsi tekstural dan struktural. Hasil penelitian diharapkan mampu mengungkap esensi pengalaman dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori serta praktik yang lebih kontekstual dan manusiawi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...