JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Konseptual Metode Historis dan Etnografi dalam Penelitian Kualitatif

Taruna, Rasalhaque Daffa (Unknown)
Murhayati, Sri (Unknown)
Rahayu, Tia (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Artikel ini membahas dua pendekatan utama dalam penelitian kualitatif, yaitu penelitian historis dan etnografi. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menjelaskan konsep serta langkah-langkah yang digunakan dalam masing-masing metode. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan dari berbagai literatur ilmiah, buku, dan dokumen relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode historis berfokus pada rekonstruksi sistematis peristiwa masa lalu, sementara metode etnografi menekankan pemahaman mendalam terhadap budaya melalui observasi partisipatif. Kedua pendekatan ini saling melengkapi dalam memahami dinamika sosial dan budaya masyarakat. Pemilihan pendekatan yang tepat sangat bergantung pada fokus dan tujuan penelitian yang hendak dicapai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...