Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan memotivasi mereka dalam pembelajaran dengan menerapkan model ajar PBL dan pemanfaatan teknologi pada pembelajaran dengan menggunakan Nearpod. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 060910 Medan Denai. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi siswa dan guru dan lembar soal tes. Berdasarkan hasil pengamatan observer, aktivitas belajar siswa dan guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 78% aktivitas guru dan 76% aktivitas siswa. Pada siklus II meningkat 80% aktivitas guru dan 89% aktivitas siswa. Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan. Siklus I mencapai 47% atau 8 siswa yang sudah mencapai KKM dan 53% atau 9 orang siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 88% atau 15 orang siswa yang sudah mencapai KKM dan 12% atau 2 orang siswa yang belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 41%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS.
Copyrights © 2025