JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Prabowo, Salsabila Alifia (Unknown)
Iskandar, Sofyan (Unknown)
Yogiarni, Tiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan peningkatan kualitas peradaban bangsa. Di Indonesia, kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah, salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Jigsaw berbantuan augmented reality terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian eksperimen dengan desain non-equivalent control group design melibatkan dua kelas, di mana kelas eksperimen menggunakan model Jigsaw berbantuan augmented reality dan kelas kontrol menggunakan model Think Pair Share. Hasil analisis menunjukkan bahwa model Jigsaw berbantuan augmented reality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan N-gain rata-rata 61% pada kelas eksperimen, lebih tinggi dibandingkan 43% pada kelas kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran yang melibatkan interaksi kolaboratif dan visualisasi interaktif dapat lebih efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...