JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Gaya Bahasa dalam Debat Capres 2024 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran di SMA

Aulia, Rizki Adha (Unknown)
Kusyani, Diah (Unknown)
Harahap, Andi Syahputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya bahasa dalam debat capres 2024 dan implikasinya terhadap pembelajaran di SMA. Gaya bahasa ialah keseluruhan gaya pengarang dalam mengungkapkan idenya ke dalam sebuah tulisan. Gaya itu mencakupi pilihan kata, struktur kalimat, penggunaan majas. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan teori gorys keraf (2002). Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik menyimak, teknik sadap, dengan teknik simak bebas cakap, teknik rekam dan teknik catat dan wawancara informan sebagai bentuk pencaharian data langsung yang kemudian peneliti analisis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 32 data. Yang diklasifikasikan dalam 2 jenis yaitu gaya bahasa yaitu gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat dan gaya bahasa tidaknya makna. Gaya bahasa berdasarkan kalimat terdiri dari klimaks 1 data, paralisme 2 data, antitetis 3 data, repetisi 2 data, kemudian Gaya bahasa tidaknya makna terbagi menjadi 2 yaitu gaya bahasa retoris terdiri dari Asidenton 1 data, polisindenton 1 data, eufanisme 1 data, litotes 2 data, pleonasme 2 data, hiperbola 1 data, paradoks 1 data. Dan gaya bahasa kiasan terdiri dari simile 1 data, personifikasi 3 data, alegori 1 data, metafora 1 data, metonimia 2 data, ironi 1 data, sinisme 1 data, sarkasme 1 data, dan stire 1 data. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kajian ini berfokus pada analisis bahasa Indonesia dalam debat Capres 2024 dan implikasinya terhadap pembelajaran di SMA. Kajian ini juga membahas pentingnya berbahasa dalam perdebatan, dengan fokus pada peran bahasa dalam menyikapi perdebatan tersebut. Studi ini mengidentifikasi empat keterampilan berbahasa khususnya keterampilan menyimak dan berbicara.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...