JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Media E-Mindmap Berbasis Aplikasi Xmind untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Muaro Jambi

Pitri, Pitri (Unknown)
Meihan, Andre Mustofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat produk media e-mindmap yang berbasis pada aplikasi Xmind, yang juga dikenal sebagai mindmap dan brainstorming, untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 11 Muaro Jambi dalam belajar sejarah. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research & Development) yang menggunakan Model ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Mindmap, yang dibuat oleh aplikasi Xmind, dapat digunakan dengan baik dan dapat membantu siswa menjadi lebih kreatif dalam belajar. Dengan nilai rata-rata 2924, tingkat presentase 81,2% (Sangat Layak), dan hasil perhitungan data menggunakan SPSS V.25, penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan Sig dari uji-t adalah,000 (dibaca = 0,000), karena taraf signifikansi uji efektivitas Sig 2-tailed adalah 0,05. Artinya, media ini dapat digunakan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa dalam belajar sejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...