JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Upaya Mengatasi Penurunan Minat Siswa Sekolah Dasar dalam Mengikuti Kegiatan Olahraga

Utami, Resti Nur (Unknown)
Rukmana, Reka Putri Aulia (Unknown)
Maulida, Ridhatunisa Rizky (Unknown)
Sari, Desy Nur Indah (Unknown)
Nabiilah, Feby (Unknown)
Kamilah, Fajrinisa Zukhruf (Unknown)
Rafif, Mohammad Dzikrul (Unknown)
Mulyana, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Penurunan minat siswa sekolah dasar dalam mengikuti kegiatan olahraga menjadi masalah yang mendesak, terutama terutama di era digital yang dipenuhi oleh pengaruh teknologi dan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan penurunan minat olahraga siswa serta merumuskan langkah-langkah yang dapat diambil oleh keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan studi pustaka, faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan minat olahraga antara lain adalah pengaruh teknologi, terbatasnya fasilitas olahraga di sekolah, dan kurangnya metode pembelajaran yang inovatif. Siswa yang lebih terpapar media sosial dan game online cenderung lebih pasif dalam aktivitas fisik. Dengan demikian, pendekatan yang kreatif dan berbasis teknologi, serta pengintegrasian permainan tradisional dalam pembelajaran jasmani, sangat diperlukan untuk meningkatkan partisipasi siswa. Selain itu, kolaborasi yang erat antara guru, orang tua, dan masyarakat juga sangat penting dalam membangun budaya hidup sehat dan aktif sejak usia dini. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode pembelajaran yang menarik dan bervariasi, serta pentingnya dukungan lingkungan sekitar dalam mendorong minat siswa untuk berolahraga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...