JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Strategi Guru dalam Mengajarkan Sastra Lisan Bugis kepada Generasi Z: Kajian Etnopedagogik

Musawir, Muhammad (Unknown)
Asdah, Atikah Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengajarkan sastra lisan Bugis kepada Generasi Z melalui pendekatan etnopedagogik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilaksanakan di SMA Negeri 11 Maros. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru meliputi metode bercerita, pemanfaatan media digital, dan pembelajaran berbasis proyek yang disesuaikan dengan karakteristik Generasi Z. Nilai-nilai budaya lokal seperti siri’ na pacce, tanggung jawab, dan gotong royong diintegrasikan secara kontekstual dalam pembelajaran. Meskipun menghadapi kendala seperti keterbatasan sumber ajar dan keterampilan digital, guru berhasil mengatasinya melalui kolaborasi dan inovasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...