JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Transformasi Budaya Digital: Pengaruh Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Remaja Di Universitas Negeri Padang

Suci Nurangraini, Adelia (Unknown)
Syamsir, Syamsir (Unknown)
Jumaita Ayu, Azizah (Unknown)
Bunga Belia, Cynthia (Unknown)
Kartika, Dea (Unknown)
Gussantina, Delima (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media sosial terhadap interaksi sosial remaja dalam konteks transformasi budaya digital di Universitas Negeri Padang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling dalam menentukan informan, yakni mahasiswa aktif yang secara intensif menggunakan media sosial. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan validasi menggunakan triangulasi dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memainkan peran signifikan dalam membentuk kebiasaan baru dalam interaksi sosial, seperti keterbukaan berbagi kehidupan pribadi, komunikasi instan, serta bergesernya fokus dari kedekatan emosional menjadi konstruksi citra diri digital. Selain itu, media sosial juga berkontribusi pada pembentukan dan penguatan kepercayaan diri remaja, namun secara bersamaan juga memunculkan tekanan sosial, perasaan tidak aman, dan kecenderungan self-censorship. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pengoptimalan seperti peningkatan literasi digital, pengaturan waktu, pembentukan budaya positif, serta pendampingan dari lingkungan sosial dan institusi pendidikan. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemahaman kritis terhadap budaya digital agar media sosial dapat digunakan sebagai sarana pengembangan diri dan penguatan relasi sosial yang sehat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...