JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pendidikan Islam di Turki

Abrar, Khairul (Unknown)
Rosyada, Dede (Unknown)
Zalnur, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Pendidikan Islam di Turki telah mengalami perkembangan yang kompleks dan dinamis sepanjang sejarahnya. Sebagai negara yang menjembatani dua benua, Asia dan Eropa, Turki memiliki posisi unik dalam perkembangan pendidikan Islam. Negara yang dulunya merupakan pusat Kekhalifahan Utsmaniyah selama berabad-abad telah mengalami transformasi signifikan, terutama setelah pembentukan Republik Turki modern oleh Mustafa Kemal Atatürk pada tahun 1923. Perubahan ini membawa dampak mendalam pada sistem pendidikan Islam yang telah berakar kuat dalam budaya dan masyarakat Turki. Sejak era Utsmaniyah, pendidikan Islam di Turki telah menjadi pilar utama dalam mentransmisikan nilai-nilai dan pengetahuan Islam. Lembaga-lembaga seperti madrasah, maktab, dan kuttab memainkan peran penting dalam mengajarkan Al-Qur'an, Hadits, fiqh, dan ilmu-ilmu Islam lainnya. Namun, transisi ke republik sekuler membawa perubahan fundamental dalam sistem pendidikan dengan pengenalan kebijakan sekularisasi yang dikenal sebagai reformasi Kemalis. Kebijakan ini bertujuan untuk memoderenisasi negara dengan mengurangi pengaruh Islam dalam kehidupan publik, termasuk dalam sistem pendidikan.Dinamika politik dan sosial yang kompleks di Turki telah mbentuk lanskap pendidikan Islam kontemporer di negara tersebut. Pergulatan antara sekularisme dan nilai-nilai Islam terus mempengaruhi kebijakan pendidikan, kurikulum, dan praktik pengajaran. Kebangkitan Islam yang terjadi sejak tahun 1950-an dan semakin menguat pada dekade-dekade berikutnya telah mendorong peningkatan minat dan permintaan terhadap pendidikan Islam. Hal ini tercermin dalam pembukaan kembali dan peningkatan jumlah sekolah Imam-Hatip, ekspansi program pendidikan Islam di universitas, dan pengenalan kembali pendidikan agama di sekolah-sekolah umum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...