Sekolah memiliki tujuan untuk mengenali, mengenalkan dan membangun kesadaran siswa terhadap pentingnya perilaku yang mendukung keselamatan kerja. Menurut hasil pra-observasi awal ditemukan beberapa masalah yang cukup signifikan. Masalah ini mencakup tentang hasil belajar yang kurang optimal dalam pelajaran Las SMAW dan siswa kurang memahami serta kurang memanfaatkan peralatan K3. Berdasarkan identifikasi masalah diatas, peneliti membatasi masalah agar pembahasan dalam penelitian ini lebih terfokus kepada pengaruh K3 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Las SMAW yang dilaksanakan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis korelasional. Pada penelitian ini terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat yang akan dianalisis. Variabel X K3, serta hasil belajar sebagai variabel Y. Berdasarkan hasil dari analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara K3 terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan pada Mata Pelajaran Las SMAW dengan harga r hitung sebesar 0,558 > 0,349 harga r tabel pada taraf signifikansi 5% (N=32), juga diperoleh nilai R Square atau koefisien Determinasi (KD) sebesar 0,311, sehingga dapat ditafsirkan bahwa variabel K3 (X) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 31,1% terhadap variabel Hasil Belajar Siswa (Y). Hasil t hitung lebih besar dari t tabel (3,680 > 1,697) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil Analisis terbukti bahwa “Ada Pengaruh Yang Signifikan Antara Pengaruh K3 terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan pada Mata Pelajaran Las SMAW di SMK Negeri 5 Padang”.
Copyrights © 2025