JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peran Guru dalam Melestarikan Warisan Budaya Lokal di Kalangan Siswa SD N Nongkosawit 02

Fajri, Luvensia Mei (Unknown)
Herawati, Leyla Savanamira (Unknown)
Oktasafira, Nanda (Unknown)
Kholifah, Suci Nur (Unknown)
Agry, Feylosofia Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai peran guru dalam melestarikan warisan budaya lokal di kalangan siswa SD N Nongkosawit 02. Hasil wawancara menunjukkan bahwa menurunnya minat siswa terhadap budaya lokal akibat pengaruh budaya asing dan kemajuan teknologi, selain kurang optimalnya kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam pelestarian warisan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pelestarian budaya lokal serta faktor pendukung dan hambatan yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai fasilitator dan teladan melalui kegiatan seperti upacara adat, pentas seni, dan penggunaan pakaian adat, sehingga mampu meningkatkan minat siswa terhadap budaya lokal. Selain itu, kolaborasi dengan masyarakat dan pemanfaatan teknologi edukatif turut memperkuat pelestarian budaya. Peran aktif guru dan komunitas sangat penting dalam menanamkan dan melestarikan budaya lokal di kalangan siswa. Oleh karena itu, sekolah perlu mengembangkan program pembiasaan rutin berbasis budaya yang dikemas secara interaktif dengan pemanfaatan teknologi serta kolaborasi antara budaya lokal dan materi umum agar siswa tetap dekat dan mengenal budayanya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...