JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengelolaan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Painan

Afna, Syartika (Unknown)
Kadri, Hanif Al (Unknown)
Sabandi, Ahmad (Unknown)
Febrianti, Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pergantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Tujuannya adalah memperoleh data mengenai pengelolaan Kurikulum Merdeka ditinjau dari: 1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, dan 3) evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, yang bertujuan menggambarkan dan menjelaskan fenomena berdasarkan data angka. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri di Kota Painan yang berjumlah 172 orang, dengan sampel diambil menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian berupa angket model skala Likert dengan lima pilihan jawaban yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Kurikulum Merdeka terlaksana dengan baik: perencanaan pembelajaran memperoleh skor rata-rata 4,47, pelaksanaan 4,49, dan evaluasi pembelajaran 4,39. Temuan ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Painan berjalan efektif pada ketiga aspek yang diteliti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...