JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Remove Background terhadap Hasil Belajar Psikomotor Siswa dalam Pembelajaran Design Kelas XI Jurusan DKV di SMK Negeri 1 Batipuh

Al-Rasyid, Muhammad (Unknown)
Samala, Agariadne Dwinggo (Unknown)
Zaus, Mahesi Agni (Unknown)
Putra, Rido (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Remove Background (remove.bg) terhadap hasil belajar ranah psikomotorik siswa dalam pembelajaran desain pada kelas XI Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Batipuh. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya integrasi teknologi digital dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat, motivasi, dan keterampilan siswa, khususnya pada ranah psikomotorik yang krusial dalam pendidikan vokasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel sebanyak 60 siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen (menggunakan remove.bg) dan kelompok kontrol (tanpa aplikasi). Data dikumpulkan melalui rubrik penilaian unjuk kerja psikomotorik yang melibatkan beberapa aspek: keterampilan penggunaan aplikas i, ketepatan penghapusan latar belakang, kerapian komposisi visual, kreativitas, dan kesesuaian instruksi. Analisis data melibatkan uji prasyarat (normalitas, homogenitas) dan uji hipotesis (uji-t independen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest kelompok eksperimen (85,3 ± 6,5) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (75,8 ± 7,8), dan uji-t independen membuktikan perbedaan yang signifikan (t(58)=4,25; p=0,0005 < 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa aplikasi Remove Background berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan psikomotorik siswa. Implikasi praktis menunjukkan bahwa integrasi teknologi berbasis AI dalam pembelajaran desain dapat meningkatkan efisiensi, kualitas hasil karya, dan motivasi siswa, yang pada akhirnya mempersiapkan lulusan vokasi yang lebih adaptif dengan tuntutan industri kreatif. Penelitian ini merekomendasikan guru DKV untuk mengadopsi aplikasi remove.bg sebagai alat bantu pembelajaran dan peneliti lanjutan untuk mengkaji dampak penggunaan teknologi lain pada ranah psikomotorik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...