Program Indonesia Pintar (PIP) bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan dan mencegah angka putus sekolah bagi siswa dari keluarga prasejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 22 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 22 Semarang berjalan cukup efektif mulai dari proses pendataan, verifikasi, dan penyaluran dana yang dilakukan secara transparan. Namun, masih terdapat kendala seperti kurangnya responsivitas siswa dan keterbatasan waktu orang tua untuk proses pencairan dana. Secara keseluruhan, Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 22 Semarang telah berjalan dengan baik dan tepat sasaran melalui kolaborasi yang efektif antara pihak sekolah dan orang tua.
Copyrights © 2025