JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Pada SMP Negeri 22 Semarang Tahun 2025

Rafidah, Nisrina (Unknown)
Khairunnisa, Nida Fathin (Unknown)
Chotimah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Program Indonesia Pintar (PIP) bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan dan mencegah angka putus sekolah bagi siswa dari keluarga prasejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 22 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 22 Semarang berjalan cukup efektif mulai dari proses pendataan, verifikasi, dan penyaluran dana yang dilakukan secara transparan. Namun, masih terdapat kendala seperti kurangnya responsivitas siswa dan keterbatasan waktu orang tua untuk proses pencairan dana. Secara keseluruhan, Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 22 Semarang telah berjalan dengan baik dan tepat sasaran melalui kolaborasi yang efektif antara pihak sekolah dan orang tua.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...