JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Kesulitan pada Pembelajaran Bahasa Jawa bagi Siswa Kelas V SD N Cepoko

Heriyanto, Firstyansah (Unknown)
Permatasari, Sievera Fadilla (Unknown)
Fadilah, Indri (Unknown)
Farhan, Muhammad (Unknown)
Irvan, Moh. Farizqo (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis masalah yang dihadapi siswa di kelas V SD Negeri Cepoko dalam pembelajaran Bahasa Jawa serta menemukan faktor- faktor yang berkontribusi pada masalah tersebut. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data terhadap 19 siswa melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa 84% siswa mengalami kesulitan multidimensi, terutama dalam penerapan tingkatan tutur (unggah-ungguh) dan penguasaan aksara Jawa. Faktor internal termasuk keterbatasan kognitif, kekurangan kompetensi, kebingungan hierarki bahasa, dan kurangnya motivasi. Faktor eksternal termasuk lingkungan keluarga yang tidak mendukung, dominasi bahasa campuran, dan jumlah waktu yang terbatas untuk belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah dan keluarga harus bekerja sama secara sistematis, dan metode pembelajaran kontekstual harus dikembangkan untuk meningkatkan efektivitas pengajaran Bahasa Jawa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...