Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis masalah yang dihadapi siswa di kelas V SD Negeri Cepoko dalam pembelajaran Bahasa Jawa serta menemukan faktor- faktor yang berkontribusi pada masalah tersebut. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data terhadap 19 siswa melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa 84% siswa mengalami kesulitan multidimensi, terutama dalam penerapan tingkatan tutur (unggah-ungguh) dan penguasaan aksara Jawa. Faktor internal termasuk keterbatasan kognitif, kekurangan kompetensi, kebingungan hierarki bahasa, dan kurangnya motivasi. Faktor eksternal termasuk lingkungan keluarga yang tidak mendukung, dominasi bahasa campuran, dan jumlah waktu yang terbatas untuk belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah dan keluarga harus bekerja sama secara sistematis, dan metode pembelajaran kontekstual harus dikembangkan untuk meningkatkan efektivitas pengajaran Bahasa Jawa.
Copyrights © 2025